Monday, April 29, 2013

Efisiensi Produksi




Suatu perusahaan yang efisien adalah suatu perusahaan yang dalam produksinya menghasilkan barang atau jasa dengan cepat, lancar dan dengan pemborosan yang minimum.  

Efisiensi berhubungan dengan cara yang paling produktif untuk memanfaatkan sumber-sumber daya yang langka.  Dalam hal ini, secara umum dikenal dua jenis efisiensi,  yaitu efisiensi teknik dan efisiensi ekonomi.  

Efisiensi teknik menyangkut jumlah  maksimum output yang dapat dihasikan dengan penggunaan input tertentu, dan dengan teknologi tertentu. Suatu perusahaan mungkin secara teknologi lebih efisien dari yang lain kalau perusahaan tersebut memproduksi tingkat output yang sama dengan satu atau lebih sedikit input fisik. Karena proses produksi yang berbeda tidak semua perusahaan efisien secara teknologi.

Efisiensi ekonomi timbul bila input dimanfaatkan  sedemikian rupa sehingga suatu tingkat output diproduksi  dengan biaya yang lebih rendah dari yang lainnya.  Peningkatan efisiensi terjadi bila output yang ada atau tingkat output dihasilkan dengan biaya yang lebih rendah.

No comments:

Post a Comment

Related Posts