Saturday, January 24, 2015

Lulusan Teknik Industri


Kuliah di jurusan Teknik Industri maka kita belajar banyak hal karena dalam sebuah perusahaan atau sebuah industri, kita perlu membuat sebuah system yang nanti akan berproduksi untuk menghasilkan output tertentu. Jadi mindset TI adalah berpikir generalis dan kesisteman. Sehingga perlu mempelajari bermacam-macam mata studi seperti statistik, networking, akuntansi, ekonomi, psikologi, programming, ERP, management, marketing, organisasi, dimana fungsi-fungsinya mirip dengan yang ada di sebuah perusahaan. Tentu saja hal ini ada pro & kontra.

PRO:
Lulusan TI lebih fleksible, range pekerjaan lebih lebar dibandingkan lulusan lain yang spesifik. Lulusan TI bisa jadi engineer, HRD, marketing, sales, manager. Pada level tertentu (managerial) dimana keahlian teknis sudah jarang lagi diperlukan, ilmu-ilmu pada perkuliahan TI sangat membantu dalam menjalankan tugas diperusahaan. Hal ini jika dan hanya jika kita sudah menjadi manager. Demikian juga jika kita membuat usaha sendiri, ilmu-ilmu di teknik industri juga bermanfaat sekali.

KONTRA
Sering kita lihat, karena saking generalisnya, kita akan tahu segala macam hal tapi cuman kulit-kulitnya saja, membuat lulusannya sering lupa bahwa ketika lulus status mereka adalah engineer (orang yang tahu teknis). Sehingga kita perlu mempunyai skill lain yang perlu kita tekuni agar bisa punya bekal kerja.


Sumber :
http://achmad.glcnetworks.com

No comments:

Post a Comment

Related Posts