Thursday, September 27, 2018

Apa Itu Teknik Industri?


“Tidak ada cara yang terbaik, tetapi selalu ada cara yang lebih baik”

Industrial Engineering concerned with the design, improvement and installation of integrated systems of people, materials, equipment and energy. It draws upon specialized knowledge and skill in the mathematical, physical and social sciences together with the principles and methods of engineering to specify, predict and evaluate the results to be obtained from such a system.

Teknik industri berfokus kepada perancangan, peningkatan dan instalasi dari sistem terintegrasi yang terdiri atas manusia, material, peralatan dan energi untuk ini dibutuhkan pengetahuan dan keahlian dalam bidang matematika, fisika dan ilmu-imu sosial serta prinsip dan metodologi teknik/rekayasa untuk menspesifikasikan, memprediksi dan mengevaluasi hasil yang diperoleh dari sebuah sistem terintegrasi.

Teknik industri adalah sebuah disiplin ilmu yang mengintegralkan antara manusia (sebagai operator) dan mesin-mesin yang digunakan dengan Efektif dan Efisien untuk meningkatkan produktivitas, sehingga semakin efektif penggunaan sumber daya (bahan baku, tenaga kerja, modal, informasi, teknologi) dan semakin efisien untuk mencapai tujuan maka produktivitasnya tinggi.

Kekuatan yang ada pada seorang insinyur teknik industri ada pada keilmuannya yang merupakan gabungan antara manajemen dan engineering. Itu berarti seorang ahli teknik industri memiliki cakupan yang luas di dunia kerja nantinya karena ia bisa kemana-mana dan bisa dimana-mana.

Implikasi dari banyaknya disiplin ilmu yang dipelajari di teknik industri akan menjadikan seorang ahli teknik industri memiliki pandangan sistemik. Dia akan berbeda dari disiplin manajemen atau engineering lainnya karena keputusan dan analisis yang dibuat akan mempertimbangkan banyak factor dan variable secara sistemik.

Seorang ahli teknik industri juga bobotnya akan lebih berat dan, memiliki competitive advantage pada masalah optimasi (seperti riset operasi), supply chain, ergonomi, simulasi, kualitas, dan beberapa keilmuan lainnya.


Sumber :
https://nurrahmanarif.wordpress.com/tag/teknik-industri/
http://triarniyuniputriutami.blogspot.com/2016/11/lika-liku-mahasiswa-teknik-industri.html
https://www.kompasiana.com/inatiara/552e52bc6ea8348f478b459a/ingin-jadi-pengusaha-kuliah-di-teknik-industri-aja
https://herilarium.wordpress.com/2007/09/06/definisi-teknik-industri/

No comments:

Post a Comment

Related Posts