Tuesday, January 8, 2013

Produktifitas dan Efisiensi

Banyak yang menyamakan antara produktifitas dengan efisiensi. Sebenarnya terdapat perbedaan diantara keduanya. Berikut kita akan membahas apa itu produktifitas dan apa itu efisiensi.


Produktifitas adalah aktivitas mengukur jam kerja aktual dalam periode tertentu dibandingkan dengan kapasitas produksi berdasarkan mesin atau jumlah pekerja yang ada.
Rumus yang digunakan adalah :

Produktifitas = Jumlah jam kerja aktual : Jumlah kerja total

Misal dalam 1 hari, mesin yang kita gunakan tiba-tiba rusak, sehingga hanya dapat kita gunakan 4 jam saja dari 8 jam kerja yang ada, maka produktifitas pada hari itu adalah 4 jam dibagi 8 jam, yaitu 50%.

Efisiensi adalah tingkat penggunaan sumber produktifitas seperti tenaga kerja dan alat mesin dalam menyelesaikan pekerjaan. Pengukuran efisiensi dilakukan dengan membandingkan kegiatan produksi aktual dalam periode tertentu terhadap standard produksi yang telah ditetapkan sebelumnya.
Rumus yang digunakan adalah :

Efisiensi = Waktu produksi standard : waktu produksi aktual

Misal dalam 1 hari, untuk mengerjakan 100 unit dapat diselesaikan dengan mesin dalam waktu 3 jam, namun dikarenakan operator masih dalam pelatihan, maka baru selesai dalam 4 jam, maka efisiensi operator tersebut adalah 3 jam dibagi 4 jam, yaitu 75%.

8 comments:

  1. This great tool will be a cheap alternative to the big and expensive cutters on the market. Ok, besides the cutter and oil reservoir, you'll also need grozing pliers, breaking pliers cutting oil, and maybe some stained glass to test out your cutting. gözlüğü

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. kalo efesiensi memang hasilnya selalu persen ya mas kalo dijadikan waktu, gimana cara menghitungnya? pake contoh soal yg mas buat 75% itu berapa waktu...

      Delete
  3. mau nanya kalo misal 75% dijadikan waktu, jadi berapa lama waktu yg dibutuhkan

    ReplyDelete

Related Posts