Monday, January 25, 2021

Bidang Manajemen Bisnis

7 Bidang Manajemen Bisnis yang Harus Anda Ketahui

7 Bidang manajemen bisnis yang harus Anda ketahui. Dalam dunia bisnis selalu berkaitan dengan ilmu manajemen, dapat dikatakan dunia bisnis tidak dapat dipisahkan dari ilmu manajemen. Namun, tahukah Anda, apa yang dimaksud dengan ilmu manajemen? 

Bagi Anda yang memiliki latar belakang pendidikan manajemen mungkin tidak asing lagi dengan ilmu manajemen tetapi bagi Anda yang tidak memilikinya akan mengalami sedikit kesulitan bagaimana memahami ilmu manajemen.

Ilmu manajemen jika diartikan secara etimologis merupakan ilmu yang mengatur dan melaksanakan segala sesuatu untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Ilmu manajemen ini biasa dikenal dengan kata manajemen saja.

Manajemen selalu berkaitan dengan dunia bisnis sehingga banyak usahawan dalam menjalankan bisnisnya berpegang teguh kepada ilmu manajemen ini. 


Apa itu Manajemen?

Manajemen adalah suatu ilmu atau seni mengatur. Banyak para ahli mendefinisikan manajemen. Adapun pengertian manajemen menurut beberapa ahli adalah sebagai berikut.

Pengertian manajemen menurut Koontz dan Cyril O’donnel merupakan usaha yang dilakukan dengan cara melakukan koordinasi dengan orang lain untuk melakukan kegiatan dalam usaha mencapai tujuan yang telah ditetapkan

Menurut Henry Fayol, manajemen merupakan ilmu yang memberikan ide atau gagasan berdasarkan kegiatan yang berpedoman kepada 5 kegiatan utama manajemen, yaitu merencanakan, mengarahkan, mengorganisasi, melakukan koordinasi serta mengendalikan demi tercapainya tujuan yang telah ditetapkan bersama.

Pengertian manajemen menurut Ricky W. Griffin adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian dan pengontrolan setiap sumber daya manusia yang tersedia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien.

Efektif yang dimaksud adalah tujuan bisa dicapai sesuai dengan rencana yang ada sedangkan efisien berarti dilaksanakan secara benar dan terorganisasi berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan bersama.


Nah, berdasarkan pengertian yang dikemukakan para ahli tersebut, manajemen dapat diartikan sebagai ilmu yang mengatur, melaksanakan dan mengelola segala sesuatu untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Jadi, manajemen bisnis merupakan ilmu yang mengatur, melaksanakan, mengelola  serta menjalankan bisnis dengan benar dan tepat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama.


Apa Saja Fungsi Manajemen?

Seperti ilmu lainnya, manajemen juga memiliki fungsi dalam mengatur bisnis yang akan dijalankan oleh pelaku usaha. Apa saja fungsi manajemen? Berikut adalah 5 fungsi manajemen yang dapat diterapkan dalam menjalankan bisnis atau usaha.

  1. Perencanaan (Planning)
  2. Pengorganisasian (Organizing)
  3. Pengarahan (Directing)
  4. Pengendalian (Controlling)
  5. Pengevaluasian (Evaluating)


Setelah Anda mengetahui 5 fungsi manajemen, Anda juga perlu mengetahui 7 bidang manajemen bisnis dalam menjalankan bisnis. Tujuan dibentuknya bidang manajemen bisnis ini adalah agar fungsi manajemen dapat terlaksana dengan baik sesuai tujuan manajemen bersama.

Dalam hal ini bidang manajemen bisnis dapat dikelompokkan menjadi 7 bidang, antara lain sebagai berikut.


1. Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen sumber daya manusia dapat disebut juga dengan manajemen personalia. Manajemen sumber daya manusia meupakan kegiatan yang berkaitan dengan pengaturan dan pengelolaan sumber daya manusia (SDM) dalam suatu perusahaan.

Kegiatan sumber daya manusia ini terdiri atas perekrutan karyawan yang dibutuhkan oleh perusahaan, peningkatan dan pengembangan mutu karyawan, sistem upah dan gaji serta upaya pemeliharaan sumber daya manusia sesuai dengan visi dan misi perusahaan yang telah ditetapkan.


2. Manajemen Produksi

Manajemen produksi merupakan kegiatan yang berkaitan dengan pengelolaan faktor produksi dalam usaha menghasilkan produk yang berkualitas sesuai dengan tujuan perusahaan. Adapun kegiatan yang termasuk dalam manajemen produksi adalah sebagai berikut.

  • Merencanakan desain produksi yang akan dibuat.
  • Pengaturan dan pengelolaan produk, kegiatan ini berkenaan dengan tersedianya bahan baku produk, mutu produk serta jumlah produk yang akan diproduksi.
  • Pengendalian dan pengawasan proses produksi sesuai dengan prosedur yang berlaku di perusahaan.
  • Tujuan manajemen produksi adalah meminimalisir terjadinya penyimpangan dalam proses produksi sehingga proses produksi dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai tujuan perusahaan. Dengan adanya manajemen produksi diharapkan tidak terjadi kesalahan dalam proses produksi.


3. Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan merupakan kegiatan dalam suatu perusahaan atau organisasi yang berkaitan erat dengan pengaturan dan pengelolaan cash flow. Adapun kegiatan yang termasuk dalam manajemen keuangan adalah sebagai berikut.

  • Mengatur dan mengelola aliran uang masuk dan keluar yang ada di perusahaan.
  • Melakukan investasi atau mencari suntikan dana dengan cara melakukan kerja sama dengan pihak-pihak terkait.
  • Membuat kebijakan bersama atas pembagian dividen dan laba yang diperoleh perusahaan.
  • Mengontrol dan melakukan evaluasi terhadap laporan keuangan perusahaan.
  • Setiap bidang manajemen bisnis yang dibentuk dalam setiap usaha memiliki tujuan yang berbeda-beda, seperti halnya tujuan manajemen keuangan.


Adapun tujuan dibentuknya manajemen keuangan adalah sebagai berikut.

  • Mengontrol pengeluaran dana dalam perusahaan, hal ini agar pengeluaran uang dapat efektif dan efisien.
  • Meningkatkan pemasukan dana dalam perusahaan. Jika pemasukan dalam perusahaan meningkat maka perusahaan mendapatkan keuntungan atau laba yang besar. Hal itu merupakan prestasi bagi perusahaan.
  • Mengontrol pengelolaan keuangan perusahaan dengan baik dan benar. Hal ini bertujuan agar perusahaan tidak mengalami kerugian sehingga tujuan perusahaan tercapai.


4. Manajemen Pemasaran

Dalam suatu perusahan terdapat manajemen pemasaran. Nah, apa yang dimaksud dengan manajemen pemasaran? Manajemen pemasaran merupakan kegiatan yang dilakukan berkaitan dengan perencanaan tujuan dan kegiatan serta penentuan target yang ingin dicapai di bidang memasarkan produk.

Kegiatan manajemen pemasaran ini fokus pada bagaimana produk yang dihasilkan perusahaan dapat diminati konsumen sehingga produk diterima di pasar. Apa saja kegiatan yang mendukung pemasaran? Simak penjelasan berikut.

Riset pasar, kegiatan ini dilakukan untuk mendapatkan hasil apakah produk yang diproduksi perusahaan diminati konsumen atau tidak.

Strategi pemasaran, kegiatan ini berkaitan dengan strategi yang harus dilakukan agar produk yang diluncurkan dapat diterima di pasar dan diminati oleh konsumen.

Promosi produk merupakan kegiatan yang berkaitan dengan pengenalan produk kepada konsumen atau pasar. Artinya manajemen pemasaran mengenalkan produk yang diluncurkan ke konsumen dengan cara iklan produk, menyebarkan brosur, atau dapat juga campaign produk menggunakan media sosial.

Melakukan analisis pasar dan kompetitor. Analisis pasar ini agak rumit dilakukan karena perusahaan Anda harus menjaga kualitas produk Anda lebih unggul dari kompetitor.

Berdasarkan hal tersebut di atas tujuan dari manajemen pemasaran adalah mengenalkan atau mempromosikan produk ke pasar atau seluruh masyarakat untuk meningkatkan kuantitas penjualan agar peningkatan pendapatan perusahaan dapat tercapai.


5. Manajemen Informasi

Manajemen informasi merupakan sistem manajemen yang berhubungan dengan kontrol internal dalam menjalankan bisnis. Adapun cakupan atau tanggung jawab manajemen informasi adalah sebagai penyedia segala macam informasi yang mendukung perkembangan dan kemajuan perusahaan.

Manajemen informasi ini dianggap penting bagi perkembangan perusahaan karena berkaitan erat dengan pengambilan keputusan di perusahaan.

Sumber daya manusia yang mendukung manajemen informasi harus memiliki hal-hal sebagai berikut.

  • Kemampuan komunikasi yang baik jika memungkinkan dapat berbahasa asing.
  • Kemampuan merencanakan program bisnis yang mendukung kemajuan perusahaan.
  • Kemampuan di bidang informasi digital. Hal ini dirasa penting karena saat ini merupakan revolusi digital yang mana masyarakat memiliki trend bisnis online. Kemampuan yang dimaksud adalah kemampuan dalam algoritma, bahasa pemrograman, penguasaan database serta paham SEO.


6. Manajemen Strategis

Manajemen strategis merupakan ilmu manajemen yang berkaitan erat dengan penyusunan, penerapan dan pengevaluasian kegiatan-kegiatan dalam perusahaan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Tanggung jawab manajemen strategis ini adalah sebagai berikut.

  • Menetapkan tujuan perusahaan berdasarkan kesepakatan bersama dan dijalankan bersama.
  • Merencanakan program dan kebijakan perusahaan yang tepat guna demi tercapainya tujuan yang telah ditetapkan.
  • Melakukan alokasi sumber daya manusia dan modal berdasarkan program dan kebijakan yang telah direncanakan.
  • Mengembangkan kebijakan untuk kemajuan perusahaan.


7. Manajemen Administrasi

Manajemen administrasi dalam dunia bisnis berkaitan dengan akuntansi. Kegiatan manajemen administrasi ini adalah memberikan informasi kepada bidang-bidang manajemen lainnya dalam usaha menjalankan program-program serta kebijakan perusahaan. Adapun kegiatan manajemen administrasi adalah sebagai berikut.

  • Melakukan pengumpulan berbagai macam data yang dibutuhkan oleh bidang manajemen lainnya.
  • Melakukan proses pencatatan data.
  • Melakukan pengelompokkan data yang dibutuhkan oleh bidang manajemen lainnya.
  • Melakukan penafsiran laporan administrasi.
  • Melakukan pelaporan administrasi bahkan jika dibutuhkan membantu manajemen keuangan untuk membuat laporan finansial.


Penutup

Hal-hal di atas merupakan cakupan manajemen bisnis dan 7 bidang manajemen untuk menjalankan bisnis. Manajemen bisnis sangat dibutuhkan dalam kelangsungan perusahaan.


Sumber :

https://www.folderbisnis.com/bidang-manajemen-bisnis

No comments:

Post a Comment

Related Posts